PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita khususnya pelajar untuk turut serta dalam proses perkembangan teknologi infomasi yang semakin hari semakin canggih. Tentu saja banyak manfaat apabila kita turut serta di dalam perkembangannya. Kira-kira apa yang terpikir oleh mu jika kali ini kita berbicara tentang teknologi informasi dan komunikasi? Pasti jawabannya seperti komputer, internet, software, gadget, dll yaa
Sekarang kita bahas dulu ya pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri.
Informasi merupakan keseluruhan data atau fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti dan manfaat.Sekarang kita bahas dulu ya pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri.
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi dan pemindahan informasi.
Lalu bagaimana jika kita berbicara tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan?
Penggunaan
teknologi informasi dan
komunikasi dalam dunia pendidikan cukup
banyak dirasakan manfaatnya baik untuk kepentingan belajar mengajar
maupun untuk kepentingan menejemen administrasi sekolah. Seperti pemanfaatan
komputer, internet, software, gadget, dll. Adapun perkembangan TIK yang dapat
dimanfaatkan dalam dunia pendidikan antara lain :
1. Sebagai alat atau berupa produk teknologi
yang bisa digunakan dalam pendidikan
2. Sebagai konten atau sebagai bagian dari materi
yang bisa dijadikan isi dalam pendidikan, dan
3. Sebagai program aplikasi atau alat bantu
untuk manajemen pendidikan yang efektif
dan efisien
TIK berlangsung dalam
kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, terbukti bahwa TIK sudah menjadi
kebutuhan. Dengan adanya TIK dapat membuat pendidikan menjadi interaktif dan
menyenangkan. Selain itu adanya TIK memudahkan proses pendidikan, karena TIK memberikan
waktu yang tak terbatas untuk memiliki pengetahuan yang lebih, memberikan
kemudahan akses ilmu dan memberikan kemudahan dalam menyelesaikan perkerjaan.
Sekarang kita akan membahas apa itu ilmu komputer dan struktur-struktur yang ada di
dalamnya..
Ilmu komputer merupakan ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metode, desain dan implementasi, berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware)
Sejarah Ilmu Komputer
1930-an: Alan Turing dan Kurt Godel berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system.
1940: berpadunya teori algoritma dan logika matematika, ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program.
1960: Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun
Penemu algoritma: Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi seorang ahli matematika dari Uzbekistan (770-840 M)
Sejarah Ilmu Komputer
1930-an: Alan Turing dan Kurt Godel berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system.
1940: berpadunya teori algoritma dan logika matematika, ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program.
1960: Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun
Penemu algoritma: Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi seorang ahli matematika dari Uzbekistan (770-840 M)
Struktur Dasar Komputer

Input Device :
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh: keyboard, mouse, scanner, mic.

Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Contoh: printer, speaker, data di flashdisk.

I/O Ports
Menerima ataupun mengirim data ke luar sistem

gambar diatas merupakan I/O Ports

CPU : Otak sistem komputer
ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data
CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer

Memori
RAM (Random Access Memory) : menyimpan program yang diolah unt sementara waktu
ROM (Read Only Memory) : penyedia informasi saat komputer pertama kali dinyalakan

gambar diatas merupakan gambar ROM dan RAM


Data Bus
Jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Contoh: Komputer 32 bit, 64 bit

Address Bus
Menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data.

Control Bus
Mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.
PERANGKAT LUNAK
Klasifikasi Perangkat Lunak:
1. Perangkat Lunak Sistem
a. Bahasa Pemrograman
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format
yang dapat di jalankan komputer
yang dapat di jalankan komputer
b. Sistem Operasi
mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal,
mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal,
memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang
bersesuaian. Contoh: Windows 8, iOS
c. Utility
Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat
keras (hardware troubleshooting), memeriksa disk yang rusak (bukan rusak fisik),
mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag). Contoh Utilty adalah Norton Utility
2. Perangkat Lunak Aplikasi
a. Aplikasi Office
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata, pemroses
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata, pemroses
tabel, data, presentasi, dll.Format file: doc, docx, ppt, exc
b. Aplikasi Multimedia
Selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam
Selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam
bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.Format file: mp3, mpeg, AVI
c. Aplikasi Grafis
Mengolah teks, gambar dengan desain tertentu untuk tujuan artistik. Contoh: Corel
Mengolah teks, gambar dengan desain tertentu untuk tujuan artistik. Contoh: Corel
draw, photoshop
d. Aplikasi Internet
Protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan
Protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan
pihak lain yang berjauhan.
Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi
Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi
pengguna (client).
Sekian informasi yang dapat penulis berikan, semoga bermanfaat untuk semua..
Thanks info...nice post
BalasHapusWow lengkap sekali materinya
BalasHapusTerima kasih Ibu dan Bapak ku :)
BalasHapusSangat membantu informasinya :)thanks
BalasHapusalhamdulillah bisabmenambah wawasan yeeeeeah terimakasi
BalasHapusArtikelny sangat bermanfaat banget juga menambah wawasan dan pengetahuan ,, bagus yess��
BalasHapus