CARA MEMBUAT RAPORT OTOMATIS
Assalamualaikum Wr. WB
Kali
ini penulis akan berbagi informasi mengenai raport otomatis, nah untuk kalian
khususnya calon guru, kalian bisa mengaplikasikan raport otomatis ini guna
meringankan pekerjaan kalian. Yuk kita pelajari bersama bagaimana
langkah-langkahnya.
1. Buka Ms. Excel
2. Pada Sheet 1 buatlah tabel yang berisi kolom angka dan
huruf, kemudian buatlah angka 0-100 pada kolom angka dan buatlah nama-nama
huruf dari nol-seratus pada kolom huruf.
Untuk mengubah sheet 1
menjadi huruf, kamu cukup memblok
kolom angka 0 dan huruf Nol sampai baris terakhir dari tabel angka dan huruf ,
kemudian dalam Name Box cukup kamu
tulis “huruf” lalu enter
3. Pada Sheet 2 buatlah tabel yang berisi kolom NIS, Nama, Mata
Pelajaran (sesuai kebutuhan), Jumlah, Rata-rata dan Rank
Untuk mengubah sheet 2
menjadi leger, kamu cukup memblok
baris awal dari kolom NIS sampai kolom Mata Pelajaran hingga baris terakhir
dari kolom NIS sampai Mata Pelajaran, kemudian dalam Name Box cukup kamu tulis “leger” lalu enter (seperti gambar
diatas)
4. Untuk menghitung kolom jumlah dari masing-masing siswa,
langkah yang harus kamu lakukan antara lain memasukan rumus =SUM(tarik ke samping dari kolom mata
pelajaran awal sampai akhir pada baris siswa pertama) seperti gambar di bawah
ini, untuk menghitung jumlah nilai dari siswa berikutnya, kamu cukup menarik
jumlah nilai siswa awal sampai akhir pada kolom jumlah
5. Untuk menghitung kolom Rata-rata dari masing-masing
siswa, langkah yang harus kamu lakukan antara lain memasukan rumus =Average(tarik ke samping dari kolom mata
pelajaran awal sampai akhir pada baris siswa pertama) seperti gambar di
bawah ini, untuk menghitung nilai rata-rata dari siswa berikutnya, kamu cukup
menarik rata-rata nilai siswa awal sampai akhir pada kolom rata-rata
6. Untuk menghitung kolom Rank dari masing-masing siswa,
langkah yang harus kamu lakukan antara lain memasukan rumus =Rank(klik pada jumlah nilai siswa
awal;Jumlah) seperti gambar di bawah ini, untuk menghitung nilai rank dari
siswa berikutnya, kamu cukup menarik rank nilai siswa awal sampai akhir pada kolom rank
7. Untuk menghitung jumlah tertinggi dari seluruh siswa,
langkah yang harus kamu lakukan antara lain memasukan rumus =Max(tarik baris awal sampai akhir pada
kolom jumlah) seperti gambar di bawah ini
8. Untuk menghitung jumlah terendah dari seluruh siswa,
langkah yang harus kamu lakukan antara lain memasukan rumus =Min(tarik baris awal sampai akhir pada
kolom jumlah) seperti gambar di bawah ini
9. Sebelum mengisi raport otomatis, kamu harus membuat tabel
raport seperti di bawah ini
10. Untuk mengisi Nama
Peserta Didik, kamu harus menggunakan rumus =VLOOKUP(Klik pada D5 atau kolom nomor induk siswa;leger;2) lalu
enter
11. Untuk mengisi Kolom
Angka pada Nilai Hasil Belajar, kamu harus menggunakan rumus =VLOOKUP(Klik pada D5 atau kolom nomor
induk siswa;leger;kolom mata pelajaran) lalu enter contoh untuk nilai PAI =VLOOKUP(D5;leger;3). Untuk nilai mata
pelajajaran selanjutnya, kamu cukup double klik pada kolom angka pertama
kemudian pilih F4 dibelakang D5 maka nilai mata pelajaran lainnya akan muncul secara
otomatis, namun jangan lupa mengganti kolom mata pelajaran yang dibutuhkan. Contoh
kolom 3 untuk PAI =VLOOKUP(D5;leger;3), kolom 4 untuk PKn=VLOOKUP(D5;leger;4)
12. Untuk mengisi Kolom
Huruf pada Nilai Hasil Belajar, kamu harus menggunakan rumus =VLOOKUP(Klik pada kolom angka baris
pertama;huruf;2) lalu enter contoh =VLOOKUP(F11;huruf;2)
untuk selanjutnya gunakan langkah yang sama.
13. Untuk mengisi Kolom
Predikat pada Nilai Hasil Belajar, kamu harus menggunakan rumus =VLOOKUP(Klik pada kolom angka baris
pertama>=”Nilai KKM”,”Terlampaui”,”Belum Terlampaui”) lalu enter contoh =VLOOKUP(F11>=75,”Terlampaui”,”Belum
Terlampaui”) untuk selanjutnya gunakan langkah yang sama
14. Untuk mengisi Kolom
Jumlah, kamu harus menggunakan rumus =SUM(Tarik
baris awal sampai akhir pada kolom angka) kemudian enter
15. Untuk mengisi Kolom
Peringkat Ke-, kamu harus
menggunakan rumus =Rank(Klik pada kolom
jumlah;Jumlah) kemudian enter. Contoh =Rank(F24;Jumlah)
16. Untuk mengisi Kolom
Keterangan, kamu harus menggunakan rumus =IF(Klik pada kolom jumlah>=Jumlah tertinggi;”Pertahankan prestasi
belajar mu”;IF(Klik pada kolom jumlah>=Jumlah tengah;”Tingkatkan prestasi
belajarmu”;”Teruslah belajar dan tingkatkan semangat belajar mu”)) lalu
enter. Contoh =IF(F24>=890;"Pertahankan
prestasi belajar mu";IF(F24>=880;"Tingkatkan prestasi belajar
mu";"Teruslah belajar dan tingkatkan semangat belajar mu"))
17. Untuk memudahkan dalam melihat nilai gunakan Data Validation. Caranya sangat mudah,
kamu cukup klik pada nomer induk siswa,
kemudian pilih menu data dan pilih data validation. Maka akan muncul
tampilan berikut, kemudian pada kolom
Source kamu cukup memblok dari nomer induk pertama sampai nomer induk terakhir kemudian
enter
Maka
tampilan akan berubah otomatis seperti ini.
Apabila kamu mengalami kesulitan, silahkan
akses video berikut
Selamat mencoba semoga bermanfaat..
Waalaikumsalam, makasih ka bermanfaat banget infonya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusWaahh sangat membantu bagi para guru yg kesulitan dalam mengelola nilai , dengan adanyaa tutorial ini semogaa lebih menambah wawasan dan mempermudaah dalam mengelola nilai bagi para guru2
BalasHapusTerimakasih😊😊
Waah.. terima kasih yesiii informasinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih infonya, bermanfaat sekali buat guru2 .. agar tidak membuang waktu membuat secara manual
BalasHapusKeren... Aku jadi mudah menginput nilai
BalasHapusSangat bermanfaat nihh
BalasHapusKalau ada vidionya d you tube
BalasHapusSangat membantu tapi untuk =vlookup nilai dan nama siswa blm berhasil,kira2 apa y yg kurang dari saya,saya dah coba dpt tutorialx,tp blm berhasil.mhn pencerahan.
BalasHapus