Cara Membuat Table, Query, Form dan Report pada Microsoft Acces
Assalamua'laikum Wr. Wb
Kesempatan kali ini penulis akan berbagi info mengenai langkah-langkah dalam penggunaan Ms. Access khususnya dalam pembuatan Table, Query, Form dan Report.
Yuk kita coba langkah-langkahnya...
1. Buka Ms. Acces kemudian pilih blank data base lalu create
2. Setelah memilih create maka akan muncul tampilan seperti berikut, langkah selanjutnya pilih menu home kemudian view lalu design view
3. Setelah memilih design
view, akan muncul tampilan seperti berikut dan kamu cukup menekan ok
5. Pada menu file,
pilih view kemudian datasheet view
6. Setelah memilih datasheet
view, maka akan muncul tampilan berikut dan kamu harus mengisi data pada
kolom yang tersedia, jangan lupa menekan ctrl+s
atau save seperti contoh
berikut.
7. Untuk membuat table 2, pada menu create pilihlah table
8. Setelah muncul table 2, kemudian pada menu home pilih design view lalu ok untuk
mengisi kolom apa saja yang diperlukan dan jangan lupa menghilangkan primary key dengan memilih icon kunci
pada menu file lalu ctrl+s seperti
contoh berikut
9. Pada menu file
pilih view kemudian datasheet view
Maka akan muncul tampilan seperti berikut, dan langkah selanjutnya kamu harus melengkapi data pada kolom yang tersedia kemudian tekan ctrl+s seperti berikut
10. Langkah selanjutnya membuat query, maka pada menu create pilih query design. Maka akan muncul tampilan berikut dan kamu harus
memasukan kedua table dengan menambahkan table satu persatu dengan memilih add setelah itu pilih close
Pada tampilan ini kamu harus memasukan data pada table ke
dalam field yang tersedia dan jangan
lupa setelah memasukan data pada table ke dalam field kamu harus memilih save lalu ok seperti contoh berikut
11. Setelah itu query akan muncul seperti tampilan berikut. Pada menu file pilihlah view kemudian datasheet view
Maka akan muncul tampilan seperti berikut
12. Langkah selanjutnya membuat form, yang harus kamu lakukan ialah memilih menu create kemudian form wizard seperti contoh berikut
Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, dan
kamu harus memilih tombol >> pada form
wizard, kemudian next – next dan finish
Dan hasilnya seperti berikut
13. Selanjutnya, pada query pilih menu file kemudian view lalu design view
Akan muncul tampilan seperti berikut, tarik sedikit bagian
bawah query untuk menambahkan icon yang diperlukan
Kemudian pilih icon button pada menu design dan letakan
pada bagian bawah query dan akan muncul tampilan berikut, lalu pilihlah icon
yang akan kamu masukan. Sebagai contoh:
- Categories Record
Operation lalu Add New Record : untuk menambah record baru
- Categories Record Navigation lalu Find Next :
untuk melanjutkan pencarian
- Categories Record Navigation lalu Find Record :
untuk menemukan record
- Categories Record
Operation lalu Delete Record : untuk menghapus record
- Categories Application lalu Quit
Application : untuk keluar dari aplikasi
Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Dan pada
tahap ini jangan lupa save, lalu
pilih menu file lalu view dan form view
Maka tampilan akan berubah seperti ini
14. Langkah selanjutnya membuat report, kamu cukup memilih menu create kemudian pilih report
Setelah memilih report,
maka tampilan akan secara otomatis berubah seperti berikut
Nah, sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat yaa...
sangat membantu ini informasi nyaaa, terimakasih ya...
BalasHapusBagus ya blognya.. ibu suka isi, tema, dan tampilannya. Universitas Djuanda
BalasHapusTerimakasih Ibu :) dan Asun
BalasHapusTerimakasih Alhamdulillah kak
BalasHapus